Jumat, 31 Mei 2013

Kuliner di Jogja: Bebek Goreng

Di Jogja ada salah satu tempat makan bebek goreng, namanya Bebek Goreng H. Slamet (Asli) Cabang Kartosuro. Kita bisa menemukannya di jalan2 utama yaitu jalan Ringroad Utara, Gejayan (Affandi), Mangkubumi, dan Kol. Sugiono. Rumah makan ini juga ada di beberapa kota besar di pulau Jawa. Menu bebek gorengnya ada yang utuh, paha, dada, rempelo ati (ati ampela) dan ceker (kaki). 

Bebek goreng H. Slamet
 
Siapapun pasti tergoda melihat daging bebek yang baru digoreng ditemani nasi yang panas mengepul lengkap dengan sambal korek dan lalapan. Kulit bebek terasa renyah, tekstur dagingnya begitu empuk, dan bumbunya meresap ke dalam daging. Sambalnya mengandung minyak, rasanya sangat pedas dan gurih. Lalapannya daun kemangi, daun pepaya rebus, timun, dan kubis. Daun pepayanya nggak pahit, jadinya Pome makan banyak^^

Sebagai pelengkap, Pome rekomendasikan ceker bebek. Sekilas terlihat agak mengerikan karena warnanya hitam, tapi kalo udah coba.. wuih! Ceker bebeknya gurih banget! Rasanya rela berlama2 di sana demi menguliti tulang ceker yang lezat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar